بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللَّهِ
بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللَّهِ
81.
Bagi yang ingin tahu kenapa sih Sayyid Quthb ditahdzir para ulama' ?
Jawabnya : "diantara pemikiran sayyid Quthb adalah mendukung atas pemberontakan Utsman bin 'Affan radhiallahu 'anhu".
Lihat fatwa Sayyid Quthb tentang itu didalam gambar ini :
قال سيد قطب :
وأخيرًا ثارت الثائرة على عثمان ، واختلط فيها الحقُّ بالباطل ، والخير بالشر ، ولكن لا بدّ لمن ينظر إلى الأمور بعين الإسلام ويستشعر الأمور بروح الإسلام أن يقرّر أن تلك الثورة في عمومها كانت أقربَ إلى
روح الإسلام
العدالة الاجتماعية ص ١٨٩
Artinya :
Berkata Sayyid Quthb :
dan akhirnya pemberontak pun melakukan pemberontakan atas Utsman, dan bercampurlah didalamnya alhaq dengan albaathil, kebaikan dengan keburukan, akan tetapi bagi siapa saja yang melihat perkara ini dengan pandangan islaam dan merasakan perkara ini dengan ruh islam pastilah ia menetapkan bahwasanya pemberontakan itu berada didalam keumumannya yaitu lebih dekat kepada ruh islaam.
[ al-'adaalatul ijtima'iyyah hal 189 karya Sayyid Quthb ]
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
82.
القرضاوي_مجرم_حرب
كان يزور القذافي ويثني عليه ثم بعد ذلك يفتي بوجوب قتله
Terjemahan status ini :
Kejahatan alqaradhawi Dahulu qaradhawi menziarahi qadzafi dan memujinya lalu setelah itu alqardhawi berfatwa wajib membunuh qadzafi. [1]
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
83.
جديد :
تنظيم داعش من حزب الشيطان ------ الشيخ صالح الفوزان حفظه الله وأطال عمره في طاعته .
Video ini merupakan fatwa assyaikh Shaalih al-Fauzan dan beliau berfatwa didalam video ini bahwa tanzhim ISIS bagian dari hizbus syaithan (tentaranya setan). [2]
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
84.
قال علي ابن أبي طالب رضي الله عنه
في وصف الخوارج :
" الذين ليسوا بقراء للقرآن ولا فقهاء في الدين ولا علماء في التأويل ولا لهذا الامر بأهل في سابقة الاسلام، والله لو وُلُّوا عليكم؛ لعملوا فيكم بأعمال كسرى وهرقل".
[ "تاريخ الطبري" (3/117). ]
Berkata 'Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu dalam mensifati khawarij :
"Mereka bukanlah orang-orang yang fasih dalam membaca alquran, bukan pula para fuqaha' (ahli fiqh) dalam perkara agama, bukan pula ulama' dalam ta'wil, dan untuk perkara ini mereka bukan pula sebagai ahli dalam mendahului islaam, demi Allah seandainya mereka memimpin kalian pastilah mereka beramal terhadap kalian dengan amalan kisra (kisra : gelar penyebutan untuk raja persia sebelum runtuhnya), dan Herakleus".
[Taarikh at-Thabari 3/117]
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
85.
Saudara saya (tidak sebut nama) terserempet pemahaman khawarij berhujjah : al-Imaam Ahmad mengkritik penguasa dan mengingkarinya terang-terangan.
Saya : akhiy fillah saya bukanlah orang berilmu tapi izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai apa yang saya ketahui, dan sayangi diri antum jangan sampai sikap antum nanti berbuah penyesalan, sungguh al-Imaam Ahmad benar adanya mengkritik penguasa langsung didepan orangnya, beliau disuruh mengatakan alquran itu makhluq tapi beliau mengingkarinya, dan sepertinya sikap beliau terhadap penguasa lebih tepatnya meluruskan bukan mengkritik memberontak, dan kritikan beliau disaksikan banyak manusia dihadapan penguasa langsung bahkan sikap tersebut berujung beliau dipenjarakan, dan tatkala para pengikut beliau merasa iba dan ingin membela beliau, beliau mengingatkan akan sabar dan darah..
adapun antum bicara dibelakang "Kudeta, dan gulingkan" padahal antum belum bicara didepannya langsung, belum juga berhujjah dihadapan penguasa langsung dan antum masih takut dipenjarakan penguasa sehingga bicaranya dibelakang.
2. Antum berhujjah husain cucu Rasulullah memberontak kepada penguasa Yazid bin Mu'awiyah.
Saya : Tidak demikian akhil habib, husain awalnya benar terprovokasi oleh syi'ah untuk memberontak namun tatkala sudah sampai di karbala' tempat terbunuhny beliau, beliau mengurungkan niatnya, beliau memberikan 3 opsi kepada ubaidillah bin Ziyad selaku utusan Yazid bin Mu'awiyyah, dan opsi yang ketiganya dari Husain adalah agar beliau ditemukan kepada Yazid bin Mu'awiyyah dan beliau ingin membai'atnya, tapi Ubaidillah bin Ziyad malah berkhianat kepada Yazid yang disuruh mencegah jangan sampai masuk menemui Yazid (dikhawatirkan beliau terbunuh) tapi justeru Ubaidillah membunuhnya (panjang pembahasan ini, saya menjelaskan berdasarkan rangkuman saya dari berbagai sumber dan untuk menelitinya bisa dilihat di kitab albidayah wan nihayah ibnu katsir, minhajus sunnah Ibnu Taimiyyah, dan kitab-kitab tarikh lainnya).
3. Antum berhujjah kepada 'Aisyah memberontak pada 'ali
Saya : antum keliru akhil kariim, aisyah tidak pernah memberontak pada 'Ali tapi beliau ingin menemui 'Ali untuk mengusut segera diqishas pembunuh Utsman namun provokator syi'ah dan khawarij pembunuh Utsman berkonspirasi dibelakang 'Ali membuat isu seolah-olah Aisyah ingin menyerang sehingga keadaan berubah menjadi suasana perang, dan kalaulah Aisyah itu benar berontak tidak mungkin 'Ali menyelamatkan Aisyah dan tidak menawannya, padahal nabi perintahkan membunuh khawarij itu berpahala. Tentu antum keliru.
4. Antum berhujjah dengan Mu'awiyah dalam perang shiffin.
Saya : antum keliru akhiy, mu'awiyah tidak pernah memberontak kepada 'Ali tapi sama ingin mengusut fitnah sebelumnya, namun apa hendak dikata nasibnya sama seperti perang jamal (perang antara aisyah dan ali). Dan sahabat 'Amr bin Yasir yang menjadi pengikut 'Ali terbunuh oleh pendukung Mu'awiyyah, dan sebelum terbunuhnya dulu "nabi menyebutkan bahwa 'Amr bin Yasir akan terbunuh oleh pembangkang" (kisah ini ada di kitab albidayah wan nihayah Ibnu Katsir).
Jadi baiknya fokus dulu belajar yang baik, yang semangat, yang rajin, jangan berpolitik dulu, biar ulama' saja yg berpolitik karena ilmu mereka lebih banyak dari kita, adapun kita belum waktunya karena masih banyak kitab yang belum kita pelajari.
Oke? Antum saudaraku tidak mungkin saya akan menyesatkan antum dan tidak mungkin saya menjatuhkan nama baik antum..
~ salam hangat dan salam sayang dari saudaramu yang merindukan kebaikan untuk kita semua ~
[Jika harus menambah bantahan, bantahlah dengan lembut dan bijak.]
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
86. Dalam menyikapi Sayyid Quthb.
- extreem kanan meniadakan ta'dil ulama' atas sayyid quthb dan menampakkan jarh wa tahdzir ulama' atas sayyid quthb,
- Sebaliknya extreem kiri menampakkan ta'dil ulama' atas sayyid quthb dan membuang jauh-jauh jarh, tahdzir wa tha'n (celaan) ulama' atas sayyid quthb,
- Adapun salafiy berada dipertengahan mentahdzir pemahaman-pemahaman takfir sayyid quthb dan memposisikan sayyid quthb sebagai bagian dari qaum muslimin.
Mereka katakan ulama' seperti bin baaz mengirim surat keberatan kepada penguasa mesir atas hukuman mati sayyid quthb itu benar adanya, tapi tahdzir syaikh bin baaz atas kitab-kitab sayyid quthb atas celaan beliau terhadap sahabat, pemberontakan, dan takfirnya atas qaum muslimin juga benar adanya.
Yang pasti bedakan antara baab manhaj dan akhlaq, (manhaj harus kokoh dan mentashfiyyah segala penyimpangan dan mentarbiyah agar menuju perbaikan, adapun akhlaq harus tetap hikmah meski fir'aun sekalipun) jangan karena baiknya akhlaq dianggap tazkiyyah manhaj, atau sebaliknya celaan atas manhaj dianggap tidak boleh berakhlaq sama sekali.
Catatan : Yang pasti baab manhaj dan akhlaq itu beda walau ada keterkaitan diantara keduanya.
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
87.
قال ابن تيمية : قال عمر بن عبدالعزيز :
لا تكن ممن يتبع الحق إذا وافق هواه ويخالفه إذا خالف هواه.
[ الفتاوى(٤٨٠/١٠). ]
Berkata Ibnu Taimiyyah :
'Umar bin Abdul Aziz berkata :
"Janganlah engkau menjadi bagian dari orang yang mengikuti alhaq apabila bersesuaian dengan hawa nafsunya dan menyelisihinya apabila menyelisihi hawa nafsunya".
[Al-Fataawaa 10/480]
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
88.
قال سلمة بن دينار :
" شيئان إذا عملت بهما أصبت خير الدنيا والآخرة "
تعمل ما تكره إذا أحبه الله وتترك ما تحب إذا كرهه الله " .
Berkata Salamah bin Dinar :
"Dua perkara yang apabila engkau mengamalkan keduanya engkau memperoleh kebaikan dunia dan akhirat, yaitu : Engkau mengamalkan apa-apa yang engkau benci apabila Allah mencintainya, dan engkau meninggalkan apa-apa yang engkau cintai apabila Allah membencinya".
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
89.
Celakalah orang yang berfacebook hanya untuk mencari pujian dan like, dan celakalah orang-orang yang tidak mau memeriksa para liker di FB ini.
Maksudnya ?
Like itu bukan tujuan, tapi memeriksa orang-orang yang ngelike itu penting dalam berfacebook, kemana ia labuhkan likenya ?
Jika ia sering ngelike FP gak jelas, status-status gak jelas dari manhaj-manhaj gak jelas yang suka huru-hara, suka ngelike manhaj pencela, senang ngelike situs-situs berkontent keributan qaum muslimin yang keluar dari bimbingan para salaf, senang ngelike status-status kontroversi yang menyelisihi ucapan para salaf, atau senang ngelike status-status yang menyelisihi perkara yang ma'ruf dikalangan qaum muslimin, senang ngelike status-status orang-orang yang syuhrah (berucap beda sendiri dari pemahaman ma'ruf dengan ucapan yang aneh-aneh hanya agar ia dikenal), suka ngelike status-status qaum muslimin yang merasa dirinya kuat dan jagoan dalam bermu'amalah kepada sesama muslimin (karena qaum muslimin tidak butuh itu dan dituntut untuk tawadhu' satu sama lain bukan untuk saling menonjolkan kehebatan diri, bahkan syari'at memerintahkan menolak kemunkaran sekalipun dengan hikmah dan kebaikan bukan dengan berbangga-bangga dan menyombongkan kehebatan diri), jika menemukan para liker yg demikian maka menjauhlah darinya sekalipun ia banyak habiskan jempolnya juga untuk ngelike status-statusmu, karena likenya atas statusmu hakekatnya sedang memancing simpatimu dan suatu waktu ia akan mengomporimu untuk berbuat gaduh, yang terpenting dari itu adalah banyaknya liker itu bukan tujuan. Tujuan update status adalah barangkali status-status yang muncul itu dapat menambah kebaikan, atau bernila pahala disisi Allah.
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
90.
Bagi saya salafiy itu manhaj paling adem sepanjang perjalanan saya dalam menjelajah berbagai manhaj, dan salafiy itu dimata saya kokoh dalam bermanhaj, tegar dalam prinsip-prinsip agama, gak neko-neko dan tidak memberat-beratkan diri pada apa yg tidak mampu.
Jika ada salafnya dalam setiap perkataan dan perbuatan diikuti, tidak ada salafnya tidak diikuti.
Apa yang dijelaskan syari'at dita'ati semampu mungkin, tidak ada syari'atnya tidak mencari-cari agar menjadi syari'at.
Dicela disuruh sabar, dizhalimi pemimpin disuruh sabar, diajak qaum muslimin berantem minggir, dicari-cari qaum muslimin yg dapat mendatangkan fitnah lari seperti berlari ketakutan dari singa, melihat kemunkaran diinkari meski dibenci, diajarkan menolak kemunkaran dengan hikmah dan santun, tidak punya ilmu dilarang bicara perihal ummat, diajarkan menyerahkan perkara ummat kepada alim ulama', tidak memprovokasi ummat untuk semangat tanpa ilmu karena dalam pemahaman salafiy orang yang semangat tanpa ilmu itu kerusakan yang ditimbulkan oleh dakwahnya lebih besar dari maslahatnya, diajarkan segala sesuatu itu hanya berharap disisi Allah. Adapun person-person yang mengklaim salafiy tapi tidak hikmah disuruh berlepas diri, sehingga salafiy itu tidak menjadi kelompok, diajarkan tidak bermudah-mudah mengkafirkan qaum muslimin, dan diajarkan menghormati orang tua dan menyayangi yang muda, disuruh merangkul orang awam dan disuruh menjauhi syubhat. Sungguh bagi saya tak ada yang lebih menenangkan selain dari manhaj salafiy.. (Semua bebas berpersepsi, ini prinsip saya dan antum tentukan sendiri apa prinsip antum, karena saya, antum, kita, dan semua sebagaimana terlahir sendiri-sendiri dan akan bertanggung jawab dihadapan Allah sendiri-sendiri).
═══════ ❁❁✿❁❁ ═══════
Semoga kita selalu mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh. hanya Allah yang beri taufik, Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.
Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat. Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.
Footnote :
[1] Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1025134820868108&id=194319907282941
Download Video: https://drive.google.com/file/d/0B8dVaKaAiv8Cc0dvWUFGbjJTXzQ/view?usp=docslist_api
[2] Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=224080654632330&id=100010911915190
Download Video: https://drive.google.com/file/d/0B8dVaKaAiv8CYmZIT3BMWGhBNWs/view?usp=docslist_api