Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah pernah mengomentari perkataan tersebut sebagai berikut :
أمَّا قولُهم: "مَن لا شيخَ له؛ فشيخُه الشيطان"؛ فهذا باطل، ما له أصل، وليس بحديث. وليس لك أن تتَّبع طرق الشيخ إذا كان مخالفاً للشرع، بل عليك أن تتبع الرَّسول -صلَّى الله عليه وسلَّم- وأصحابَه -رضي الله عنهم وأرضاهم- ومَن تَبِعهم بإحسان، في صلاتك، وفي دعائك، وفي سائر أحوالك. يقول الله -جلَّ وعلا-: {لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ}[الأحزاب: 21]. ويقول -سبحانه وتعالى-: {وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللّهُ عَنْهُمْ وَرَضُواْ عَنْهُ..} الآية [التوبة: 100]. فأنت عليك أن تتبعهم بإحسان باتِّباع الشَّرع الذي جاء به النَّبيُّ -صلى الله عليه وسلَّم- والتَّأسِّي بهم في ذلك وعدم البدعة التي أحدثها الصوفية وغير الصوفية. والله المستعان
“Adapun perkataan mereka (yaitu Shuufiyyah – Abul-Jauzaa’) : ‘Barangsiapa yang tidak punya guru (syaikh), maka gurunya adalah setan’; maka perkataan ini adalah bathil. Tidak ada asalnya. Bukan pula hadits. Tidak boleh bagimu untuk mengikuti jalan seorang syaikh apabila ia menyelisihi syari’at. Bahkan wajib bagimu untuk mengikuti Rasul shallallaahu ‘alaihi wa sallam, para shahabatnya radliyallaahu ‘anhum, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik dalam shalatmu, doamu, dan seluruh keadaanmu. Allah ‘azza wa jalla berfirman : ‘Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu’ (QS. Al-Ahzaab : 21). Allah subhaanahu wa ta’ala juga berfirman : ‘Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik’ (QS. At-Taubah : 100). Maka wajib bagimu untuk mengikuti mereka dengan baik, dengan mengikuti syari’at yang dibawa oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam; serta mencontoh mereka dalam hal tersebut. Juga wajib bagimu untuk tidak berbuat bid’ah yang diada-adakan oleh Shuufiyyah dan non-Shuufiyyah. Wallaahul-musta’aan”[selesai].
[Cerkiis.blogspot.com, dikutip dan diterjemahkan oleh Abul-Jauzaa’ dari bagian fatwa beliau rahimahullah (http://www.binbaz.org.sa/node/9711) – sardonoharjo, ngaglik, sleman, yk - 12052012]
TANYA JAWAB
1. Pertanyaan :
Bagaimana dengan kaidah kalau ilmunya tidak bersambung ke rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (baca : olok-olok ala sufi) maka ilmunya tidak sah.... Dan bagaimana halnya dengan belajar autodidak atau tanpa guru, apakah dibolehkan, trus ada batasannya,..
Jawaban :
Belajar yang paling baik adalah dengan berguru kepada seseorang (baik ulama, ustadz, atau orang yang berilmu lain). Para ulama dulu bahkan mencela orang-orang yang tidak keluar mencari ilmu dan mendatangi para ulama. Belajar dari guru lebih praktis dan lebih terhindar dari kekeliruan.
Namun jika kemudian dimutlakkan bahwa orang yang tidak punya guru, maka gurunya adalah setan - sebagaimana perkataan ini beredar di kalangan shuufiy - ini juga tidak betul. Perkataan ini sebenarnya lebih dilatarbelakangi agar orang memegang dan menyandarkan ilmu pada orang-orang tertentu dan berfanatik kepadanya. Bukan dilatarbelakangi oleh dorongan dan anjuran untuk menuntut ilmu. Itulah yang dimaksud oleh Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah di atas.
Menuntut ilmu melalui perantaraan kitab itu tidaklah mutlak mesti keliru out put-nya. Meskipun tetap harus kita katakan, belajar kitab pada ulama/ustadz/ahli ilmu lebih baik daripada belajar secara otodidak. Yang jadi tolok ukur kebenaran tetaplah kesesuaian terhadap kebenaran itu sendiri (yaitu Al-Qur'an dan As-Sunnah 'alaa fahmis-salaf).
Betapa banyak orang yang berguru namun ternyata malah sesat ?.
Apakah kita pikir Bisyr Al-Maarisiy itu tidak punya guru ?.
Apakah kita pikir Al-Khomeiniy itu tidak punya guru ?.
Apakah kita pikir Ulil Abshar itu tidak punya guru ?.
Betapa banyak pula orang yang berbangga dengan sanad, namun ilmu dan amal mereka ternyata menyelisihi sunnah ?.
Hanya mengingatkan, punya silsilah sanad guru itu tidaklah jaminan bahwa ilmu yang didapat itu benar. Dalam ilmu sanad, bukankah kita mengenal rantai periwayatan lemah atau bahkan palsu, karena ternyata perawinya ada yang pendusta, pembuat bid'ah, dan lemah.
Belajar dari buku, kaset/rekaman, internet, atau sumber-sumber lain itu boleh dan tetap mempunyai keutamaan. Allah akan memahamkan siapapun yang dikehendaki-Nya melalui media apapun. Namun hanya menyandarkan ilmu dari media-media tersebut tanpa mendatangi guru - sementara kita mampu - adalah kerugian yang sangat besar.
2. Pertanyaan :
tapi tidak semua ilmu bisa dipelajari dengan otodidak. coba, bagaimana belajar membaca Al-Quran sendiri tanpa guru? Mau pakai murotal/rekaman qori? bagaimana kalau salah, siapa yang mengingatkan hayo.
Perkataan tersebut memang bathil, tapi alangkah baiknya dan sebaiknya belajar dengan guru yang benar sesuai Al-Quran dan As-Sunnah serta menetapi jalan-Nya bukan ngomong doang.
Jawaban :
Artikel di atas bukan menyuruh untuk belajar tanpa guru, akan tetapi hanya mengomentari perkataan yang berasal dari orang-orang sufi tersebut.
Kita belajar melalui melalui guru (ini yang terbaik), buku, atau media-media lain yang memungkinkan untuk bisa kita ambil ilmunya.
[Diedit seperlunya, Namun Tidak Mengurangi Makna]