Minggu, 05 April 2020
Kitab Syamail Muhammadiyah (Halaqah 30 / Hadits Yang Berkaitan Dengan Uban Rasลซlullฤh shallallฤhu โalayhi wa sallam)
๐ BimbinganIslam.com
Selasa, 29 Rajab 1441 H / 24 Maret 2020 M
๐ค Ustadz Ratno Abu Muhammad, Lc
๐ Kitab Syamฤil Muhammadiyah
๐ Halaqah 30 | Hadits Yang Berkaitan Dengan Uban Rasลซlullฤh shallallฤhu โalayhi wa sallam
โฌ Download audio: bit.ly/SyamailMuhammadiyah-30
ใฐใฐใฐใฐใฐใฐใฐ
*HADฤชTS YANG BERKAITAN DENGAN UBAN RASลชLULLฤH SHALLALLฤHU 'ALAYHI WA SALLAM*
ุจูุณูู ู ุงูููููู ุงูุฑููุญูู ููู ุงูุฑููุญููู ู
ุงููุญูู ูุฏู ููููููู ุงูููุฐูู ุฎููููู ุงููุฎููููู ููุงููุฃูุฎูููุงูู ููุงููุฃูุฑูุฒูุงูู ููุงููุฃูููุนูุงููุ ูููููู ุงูุดููููุฑู ุนูููู ุฅูุณูุจูุงุบู ููุนูู ููู ุงูุธููุงููุฑูุฉู ููุงููุจูุงุทูููุฉู ุจูุงููุฅูููุถูุงููุ ููุงูุตููููุงุฉู ููุงูุณููููุงู ู ุนูููู ููุจูููููู ููุฑูุณูููููู ุงููู ูุฎูุชูุตูู ุจูุญูุณููู ุงูุดููู ูุงุฆูููุ ููุนูููู ุขูููู ููุฃูุตูุญูุงุจููู ุงููู ูููุตููููููู ุจูุงููููููุงุถููู ููุงููููุถูุงุฆูููุ ููุนูููู ุฃูุชูุจูุงุนููู ุงููุนูููู ูุงุกู ุงููุนูุงู ูููููู ุจูู ูุง ุซูุจูุชู ุนููููู ุจูุงูุฏููููุงุฆููู. ุฃู ุง ุจุนุฏ
Sahabat BiAS rahฤซmaniy wa rahฤซmakumullฤh.
Alhamdulilฤh, Allฤh masih memberikan kesempatan kepada kita semua untuk kembali mengkaji hadฤซts-hadฤซts yang berkaitan dengan sifat-sifat Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam dalam Kitฤb Asy Syamฤil Al Muhammadiyyah, karya Imฤm Abลซ ฤชsฤ At Tirmidzฤซ rahimahullฤhu ta'ฤla.
Alhamdulillฤh, pada pertemuan kali ini, (pertemuan ke-30) kita masih melanjutkan pembahasan uban Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam (Hadฤซts no 43-44)
Yang mana telah kita simpulkan bahwa Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam tidak memiliki banyak uban. Uban Beliau sekitar 14 hingga 20 helai saja. Sehingga apabila Beliau meminyaki rambutnya uban-uban tersebut seakan-akan tidak ada.
Dan yang perlu dicatat bahwa uban-uban Beliau muncul bukan karena memikirkan urusan dunia, akan tetapi karena ayat-ayat Al Qurฤn yang menggambarkan akan kengerian hari kiamat yang Beliau dengar dan tadabburi.
Dan Imฤm At Tirmidzฤซ membawakan hadฤซts yang ke-43.
Beliau berkata :
ุญูุฏููุซูููุง ุนูููููู ุจููู ุญูุฌูุฑู [ู ู ุฃุดูุฑ ุงูุดููุฎ ูู ุฎุฑุณุงู ุช 244 ูู] ููุงูู: ุฃูููุจูุฃูููุง ุดูุนูููุจู ุจููู ุตูููููุงูู [ูุงุชุจ ุงููุงุถู ุจุจุบุฏุงุฏ]ุ ุนููู ุนูุจูุฏู ุงููู ููููู ุจููู ุนูู ูููุฑู [ููุงูู ุงูุจูุฎูุงุฑูููู: ููุงูู ุนูุจูุฏู ุงูู ููููู ุจูู ุนูู ูููุฑู ู ููู ุฃููุตูุญู ุงููููุงุณู]ุ ุนููู ุฅูููุงุฏู ุจููู ูููููุทู ุงููุนูุฌูููููู [ูุงู ุงูุฐูุจู : ู ู ุนูู ุงุก ุงูุชุงุจุนูู]ุ ุนููู ุฃูุจูู ุฑูู ูุซูุฉู ุงูุชููููู ูููู [ุงุฎุชูู ูู ุฅุณู ู]ุ ุชูููู ู ุงูุฑููุจูุงุจู ููุงูู: ุฃูุชูููุชู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููู ูุนูู ุงุจููู ูููุ ููุงูู: ููุฃูุฑูููุชูููุ ููููููุชู ููู ููุง ุฑูุฃูููุชููู: ยซููุฐูุง ููุจูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุนููููููู ุซูููุจูุงูู ุฃูุฎูุถูุฑูุงููุ ูููููู ุดูุนูุฑู ููุฏู ุนูููุงูู ุงูุดููููุจูุ ููุดูููุจููู ุฃูุญูู ูุฑูยป [ุตุญุญู ุงูุฃูุจุงูู 36]
_Berkata ฤli Ibnu Hujr, beliau adalah seorang ulamฤ yang terkenal di Khurasฤn dan beliau meninggal pada tahun 244 H._
_Beliau mengatakan:_
_Syu'aib Ibnu Shafwฤn (beliau adalah sekretaris khatib Al Qadhi di Baghdad) memberikan kabar kepadaku, dari Abdul Mฤlik bin Umair (Imฤm Al Bukhฤri mengatakan beliau ini termasuk seorang yang sangat fasih dalam berbicara)._
_Dari Iyฤd Ibnu Laqฤซd Al 'Ijliy (Imฤm Adh Dhahabi mengatakan beliau adalah salah satu ulamฤ dari kalangan tฤbi'in)._
_Dari Abลซ Rimtsah At Taimiy (beliau ini diperselisihkan namanya, jadi di sini langsung disebutkan kunyahnya dan Imฤm At Tirmidzฤซ membawakan kota asalnya yaitu dari Taim Ar Rabฤb)_
_Beliau berkata :_
_Aku mendatangi Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam bersama dengan anakku, maka aku pun melihat Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam. Ketika aku melihatnya, aku berkata:_
_"Ini adalah Nabi Allฤh."_
_Dan ketika itu Beliau memakai dua pakaian yang hijau, dan rambut Beliau sudah ada ubannya, dan uban itu berwarna merah._
(Hadฤซts ini dishahฤซhkan oleh Syaikh Albฤniy rahimahullฤh)
โข Faedah pertama | Uban Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam tidak lebat.
Karena lafazh: ูููููู ุดูุนูุฑู ููุฏู ุนูููุงูู ุงูุดููููุจู , kita artikan: "Rambut Beliau (shallallฤhu 'alayhi wa sallam) sudah ada ubannya (sudah muncul ubannya)," bukan: โDan rambut Beliau telah banyak beruban."
Karena jika kita mengartikan: "Dan rambut Beliau (shallallฤhu 'alayhi wa sallam) sudah ada ubannya," atau: "Sudah muncul ubannya,โ itu lebih mencocoki hadฤซts-hadฤซts yang lainnya, yang menyatakan bahwa uban beliau shallallฤhu 'alayhi wa sallam itu sedikit.
โข Faedah kedua | Bahwa uban beliau (shallallฤhu 'alayhi wa sallam) pada hadฤซts ini, saat shahฤbat Abลซ Rimtsah At Taimiy menghadap Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam adalah merah.
Dan hal tersebut mungkin disebabkan oleh minyak yang beliau kenakan pada rambut beliau, sebagaimana yang dijelaskan oleh Syaikh Abdurrazzaq dalam Syarh beliau dalam kitฤb Asy Syamฤil.
โข Faedah ketiga | Walaupun pada hadฤซts ini, disebutkan bahwa beliau memakai baju hijau, bukan berarti memakai baju hijau ini sunnah, namun (kata para ulamฤ) hukum maksimal memakai baju hijau adalah boleh (mubah).
Kemudian hadฤซts terakhir dalam bab ini, adalah hadฤซts nomor 44.
Al Imฤm At Tirmidzฤซ berkata :
ุญูุฏููุซูููุง ุฃูุญูู ูุฏู ุจููู ู ููููุนู ููุงูู: ุญูุฏููุซูููุง ุณูุฑูููุฌู ุจููู ุงููููุนูู ูุงูู ููุงูู: ุญูุฏููุซูููุง ุญูู ููุงุฏู ุจููู ุณูููู ูุฉู
[ููุงูู ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุญูู ููู ุจูู ู ูููุฏูููู: ูููู ูููููู ููุญูู ููุงุฏู ุจูู ุณูููู ูุฉู: ุฅูููููู ุชูู ูููุชู ุบูุฏุงูุ ู ูุง ููุฏูุฑู ุฃูููู ููุฒูููุฏู ููู ุงูุนูู ููู ุดูููุฆุงู.
ููููุชู (ุงูุฐูุจู): ููุงููุชู ุฃูููููุงุชููู ู ูุนูู ูููุฑูุฉู ุจูุงูุชููุนูุจููุฏู ููุงูุฃูููุฑูุงุฏู.
ููููุงูู ุนููููุงูู: ููุฏู ุฑูุฃููุชู ู ููู ูููู ุฃูุนุจูุฏู ู ููู ุญูู ููุงุฏู ุจูู ุณูููู ูุฉูุ ูููููู ู ูุง ุฑูุฃููุชู ุฃูุดุฏูู ู ูููุงุธูุจูุฉู ุนูููู ุงูุฎูููุฑูุ ููููุฑูุงุกุฉู ุงูููุฑูุขููุ ููุงูุนูู ููู ูููู -ุชูุนูุงููู- ู ููููู.
ููุงูู ู ูููุณูู ุจูู ุฅูุณูู ูุงุนููููู ุงูุชููุจูููุฐูููููู: ูููู ููููุชู ููููู : ุฅูููููู ู ูุง ุฑูุฃููุชู ุญูู ููุงุฏู ุจูู ุณูููู ูุฉู ุถูุงุญููุงูุ ููุตูุฏูููุชูุ ููุงูู ู ูุดูุบููููุงูุ ุฅูู ููุง ุฃููู ููุญูุฏููุซูุ ุฃููู ููููุฑูุฃูุ ุฃููู ููุณุจููุญูุ ุฃููู ููุตููููููุ ููุฏู ููุณููู ู ุงููููููุงุฑู ุนูููู ุฐููููู. ููุงูู ููููููุณู ุจูู ู ูุญูู ููุฏู ุงูู ูุคูุฏููุจู: ู ูุงุชู ุญูู ููุงุฏู ุจูู ุณูููู ูุฉู ููู ุงูุตูููุงูุฉู ููู ุงูู ูุณูุฌูุฏู
ุณูู ูุนูุชู ุจูุนูุถู ุฃูุตูุญูุงุจูููุง ูููููููู: ุนูุงุฏู ุญูู ููุงุฏู ุจูู ุณูููู ูุฉู ุณูููููุงูู ุงูุซููููุฑููููุ ููููุงูู ุณูููููุงูู: ููุง ุฃูุจูุง ุณูููู ูุฉู! ุฃูุชูุฑูู ุงููู ููุบูููุฑู ููู ูุซููููุ
ููููุงูู ุญูู ููุงุฏู: ููุงูููู ูููู ุฎููููุฑูุชู ุจููููู ู ูุญูุงุณูุจูุฉู ุงูููู ุฅููููุงูุ ููุจููููู ู ูุญูุงุณูุจูุฉู ุฃูุจููููููุ ูุงูุฎูุชูุฑูุชู ู ูุญูุงุณูุจูุฉู ุงููููุ ููุฐููููู ูุฃูููู ุงูููู ุฃูุฑุญูู ู ุจูู ู ููู ุฃูุจูููููู.ุช : 167 ูู ุนููู ุณูู ูุงูู ุจููู ุญูุฑูุจู[ุช 123 ูู
ุฃูุฏูุฑูููุชู ุซูู ูุงูููููู ู ููู ุฃูุตูุญูุงุจู ุงููููุจูููู -ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู- ููููุงูู ููุฏู ุฐูููุจู ุจูุตูุฑููุ ููุฏุนูุชู ุงูููู -ุชูุนูุงููู- ููุฑูุฏูู ุนูููููู ุจูุตูุฑูู.
ููุงูู: ููููู ููุฌูุงุจูุฑู ุจููู ุณูู ูุฑูุฉู: ุฃูููุงูู ููู ุฑูุฃูุณู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุดูููุจูุ ููุงูู: ยซููู ู ูููููู ููู ุฑูุฃูุณู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุดูููุจู ุฅููููุง ุดูุนูุฑูุงุชู ููู ู ูููุฑููู ุฑูุฃูุณูููุ ุฅูุฐูุง ุงุฏูููููู ููุงุฑูุงููููู ุงูุฏููููููยป [ุตุญุญู ุงูุฃูุจุงูู 32]
_Berkata Ahmad Ibnu Manฤซ'._
Beliau adalah seorang ulamฤ yang menjadi guru dari Ashab Kutub As Sittah kecuali Bukhฤri, seperti Imฤm Muslim, Abลซ Dฤwลซd, An Nassฤ'i, Ibnu Mฤjah, At Tirmidzฤซ semuanya meriwayatkan dari Ahmad bin Manฤซ' ini secara langsung (mendengar dari beliau).
Sedangkan Imฤm Bukhฤri meriwayatkan dari Ahmad Ibnu Manฤซ' ini melalui perantara (beliau tidak bertemu langsung atau meriwayatkan secara langsung dari beliau).
Ahmad Ibnu Manฤซ' adalah seorang penulis kitฤb Musnad sebagaimana Imฤm Ahmad mempunyai musnad Ahmad, maka Ahmad bin Manฤซ' memiliki musnad hanya saja kitฤb musnad yang beliau tulis termasuk kitฤb-kitฤb yang hilang (tidak sampai kepada kita).
_Berkata Suraij Ibnu An Nu'mฤn (meninggal pada hari raya 'Iedul Adhฤ tahun 217) berkata Hammฤd ibnu Salamah (beliau ini sangat istimewa), Abdurrahmฤn bin Mahdฤซ mengatakan:_
_"Andai saja dikatakan kepada Hammฤd bin Salamah, engkau akan mati besok, pasti Hammฤd bin Salamah tidak akan mampu menambah jumlah amalannya karena beliau telah memaksimalkan waktunya untuk beramal.โ_
_Dan Imฤm Adh Dhahabi juga mengatakan:_
_"Waktunya Hammฤd bin Salamah itu selalu terpenuhi dengan beribadah."_
_Dan Yลซnus bin Muhammad Al Mu'adzib mengatakan:_
_"Bahwasanya Hammฤd bin Salamah meninggal dalam keadaan shalฤt dimasjid"_
_Karena Hammฤd bin Salamah adalah seorang ahli ibadah, pernah dicerikan bahwasanya Sufyฤn Ats Tsauri (seorang ahli hadฤซts) ketika Hammฤd bin Salamah mengunjunginya bertanya:_
_"Wahai Abลซ Salamah, Apakah engkau menyangka bahwasanya Allฤh itu mengampuni seorang sepertiku?"_
โ Ini bukan keraguan, bahwasanya Allฤh tidak mampu mengampuni orang seperti beliau (Sufyฤn Ats Tsauri) ini merupakan kerendahan hati dari beliau.
Kemudian di antara kata-kata emas yang diucapkan oleh Hammฤd bin Salamah adalah:
_"Demi Allฤh, andai saja aku diberikan pilihan siapa yang akan menghisabku, apakah Allฤh ataukah kedua orangtuaku, pasti aku akan memilih dihisab oleh Allฤh Subhฤnahu wa Ta'ฤla dari pada dihisab oleh kedua orang tuaku, karena Allฤh lebih penyayang kepadaku daripada kedua orang tuaku.โ_
Itulah Hammฤd bin Salamah seorang ahli hadฤซts yang paling tsiqah dalam hadฤซtsnya.
_Berkata Tsabit Al Bunani (meninggal pad tahun 167 Hijriyyah beliau adalah seorang yang gemar beribadah) beliau meriwayatkan dari Simฤk Ibni Harb (meninggal pada tahu 123 Hijriyyah) beliau mengatakan:_
_"Aku bertemu 80 shahฤbat Nabi shallallฤhu 'alayhi wa sallam dan dahulu aku tidak bisa melihat kemudian aku berdo'a kepada Allฤh sehingga akhirnya aku bisa melihat.โ_
โ Ini salah satu keutamaan Simฤk Ibnu Harb.
_Kemudian beliau mengatakan (Dikatakan kepada Jฤbir bin Samurah):_
_"Apakah dikepala Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam ada uban ?"_
_Beliau (Jฤbir bin Samurah) mengatakan:_
_"Di kepala Rasลซlullฤh shallallฤhu 'alayhi wa sallam tidak ada uban, kecuali beberapa helai saja ditengah kepala Beliau, jika Beliau meminyaki kepalanya, beberapa uban tersebutpun tersembunyikan."_
(Hadฤซts ini dishahฤซhkan oleh Syaikh Albฤniy dalam Mukhtashar Asy Syamฤil nomor 32)
Dan hadฤซts ini menunjukkan bahwa uban yang hanya berada pada kepala Beliau (shallallฤhu 'alayhi wa sallam) hanyalah sedikit, dan rambut beliau ketika diminyaki, uban-uban tersebut seakan-akan tersembunyikan.
Inilah pembahasan kita pada pertemuan ke-30 ini, semoga bermanfaat.
Wallฤhu Ta'ฤla A'lam
ูุตูู ุงููู ุนูู ูุจููุง ู ุญู ุฏ
____________
๐ Cerkiis.blogspot.com