KELOMPOK SESAT ITU ASALNYA DARI EMPAT KELOMPOK, LALU BERCABANG MENJADI TUJUH PULUH DUA
Abdullah bin Mubarak rahimahullah berkata:
أصل اثنتين وسبعين هوى أربعة أهواء ، فمن هذه اﻷربعة الأهواء تشعبت الاثنان وسبعون هــوى: القدريــــــــة, والمرجئـــــة, والشيعـــــة, والخوارج
“Asal dari tujuh puluh dua kelompok hawa nafsu (bidah) itu adalah empat hawa nafsu, dari empat macam hawa nafsu ini bercabang menjadi tujuh puluh dua hawa nafsu: Qadariyah, Murji’ah, Syi’ah dan Khawarij.
فمـن قــدم أبا بكر وعمر وعثمان وعليا على أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم ، ولم يتكلم في الباقين إلا بخير ودعا لهم فقد خرج من التشيع أوله وآخره
Maka barang siapa yang mengutamakan Abu Bakr, Umar, Utsman dan Ali di atas seluruh sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dan tidak membicarakan sahabat lainnya kecuali dengan kebaikan, mendoakan mereka, maka sungguh dia telah keluar dari bidah-nya Sy’iah dari awal dan akhirnya.
ومــن قــال : اﻹيمان قول وعمل ، يزيد وينقص فقد خرج من اﻹرجاء أولــه وآخـره
Dan barang siapa yg mengatakan: Iman itu adalah ucapan dan perbuatan, bisa bertambah dan berkurang, maka dia sungguh telah keluar dari bidah murji’ah dari awalnya dan akhirnya.
ومــن قــال : الصلاة خلف كل بر وفاجر والجهاد مع كل خليفة ولم ير الخروج على السلطان بالسيف ودعا لهم بالصلاح فقد خرج من قول الخوارج أولــه وآخــره
Dan barang siapa yang mengatakan: Shalat (bermakmum) di belakang setiap (pemimpin) yang baik ataupun jahat, berjihad bersama khalifah, dia tidak membolehkan memberontak kepada penguasa dengan pedang, mendoakan kebaikan untuk penguasa, maka sungguh dia telah keluar dari bid’ahnya khawarij dari awalnya dan akhirnya.
ومــن قــال : المقادير كلها من الله عز وجل خيرها وشرها يضل من يشاء ويهدي من يشاء فقد خرج من قول القدرية أولــه وآخــره. وهــو صاحــب السنــة
Dan barang siapa yang mengatakan: Takdir-takdir semuanya itu dari Allah Taala (yang menentukan), baiknya dan buruknya. Allah menyesatkan siapa saja yang Dia kehendaki, dan menunjuki siapa saja yang Dia kehendaki. Maka sungguh dia telah keluar dari bidah Qadariyyah dari awalnya dan akhirnya. Dan dia adalah pengikut Sunnah.
(Syarh As-Sunnah Karya Imam Al-Barbahari rahimahullah)