Di kajian sekolah muamalah surabaya kemarin ustadz Erwandi cerita tentang luar biasanya negeri ini.
Beliau pernah mendapat wakaf alQur'an beberapa dus dari luar negeri, namun tertahan di bea cukai. Saat pergi ke sana untuk mengurus, beliau disambut pertanyaan si petugas, "Pak, gaada amplop nih buat ucapan terima kasih?"
"Amplop apa?? Ini lho alQur'an! Masa' masih dimintain..??"
"Oh Qur'an ya pak... Kalo gitu minta Qur'annya aja pak..."
"Waduh, iya deh. Bilang terima kasih aja deh pak.."
"Ya sudah. Terima kasih."
Dan alhamdulillah paket alQuran itu pun berhasil dibawa tanpa sepeserpun pungli.
Beliau kisahkan juga, ada seorang importer yang satu kontainernya ditahan dengan alasan legalitas kurang lengkap. Kemudian untuk order berikutnya, ia lengkapi dokumennya dan order 1 kontainer lagi. Ternyata masih ditahan dan dimintain duit kalau pengen barangnya keluar. Jengkel dengan yang demikian, alih-alih bayar pungli, dia order lagi 10 kontainer sekaligus. Tak lama dia dipanggil pihak yang bersangkutan dan diminta mengambil barangnya yang 12 kontainer tersebut karna sudah memenuhi gudang mereka.
Kata ustadz Erwandi, sebenarnya kita boleh saja membayar pungli demi mendapatkan hak kita, namun jika bisa kita akali tanpa membayar seperti bapak tadi, maka itu lebih baik.
Sama halnya jika kita urus SIM, terkadang bisa lancar tanpa suap. Tapi terkadang kita dipersulit kalau tak mau bayar, maka dalam kondisi demikian kita tidak berdosa saat terpaksa bayar demi mendapat hak kita.
Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan, “Memberikan uang suap, jika orang itu menyuap hakim agar hakim memenangkan perkaranya, padahal dia bersalah atau agar hakim tidak memberikan keputusan yang sejalan dengan realita, maka memberi suap hukumnya haram. Sedangkan suap dengan tujuan agar mendapatkan hak, hukumnya tidaklah haram (halal) sebagaimana uang tebusan untuk menebus tawanan.” (Raudhatu Ath-Thalibin wa Umdatu Al-Muftin, IV:131).
Beda jika dari awal kita langsung bayar suap padahal belum menemui kesulitan. Ini yang dilarang.
Dari sahabat Abdullah bin Amr bin al ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah melaknat orang yang memberi suap dan menerima suap.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim dengan sanad yang shahih
_____
♻ Ditulis sdr. Satrio Rachmad dan kami sadur tanpa perubahan (2016) via yani fahriansyah